Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 17 Maret 2012

Arsenal Bisa Beralih ke Pemilik AS

stankroenke
Stan Kroenke siap memperbesar dominasinya di Arsenal. Salah satu pemegang saham mayoritas The Gunners itu ingin meningkatkan nilai kepemilikannya dengan membeli bagian pemilik saham lainnya.
Berdasarkan berita dari Bursa Efek London, Kroenke berkeinginan mengakuisisi saham dari dua pemilik lainnya, Danny Fiszman dan Lady Nina Bracewell-Smith. Putra pendiri Wal-Mart itu saat ini sudah memiliki 29,9 persen saham Arsenal. Jika membeli saham milik Fiszman dan Lady Nina yang masing-masing memiliki 16 persen, Kroenke akan jadi pemilik saham mayoritas dengan 62 persen.

Dengan asumsi harga per lembar saham antara 11.500 dan 12.00 pounds, nilai total yang harus dikeluarkan Kroenke untuk meningkatkan jumlah kepemilikannya bisa mencapai 300 juta pounds. Atau lebih dari Rp4,2 triliun.
Sebuah harga yang memang sepadan. Mengingat, nilai pasar Arsenal diperkirakan mencapai 900 juta pounds. Lain itu, dengan jumlah kepemilikan sebesar 62 persen, Kroenke punya kekuatan untuk membeli saham sisa dari pemegang saham mayoritas lain.
Pemilik saham mayoritas lainnya adalah Alisher Usmanov. Taipan asal Rusia itu menguasai 25 persen saham Arsenal. Menariknya, Usmanov pun punya keinginan seperti Kroenke. Menjadi pemilik saham mayoritas dengan membeli bagian Fiszman dan Lady Nina.
Namun, berdasarkan aturan, hanya pemilik saham dengan kepemilikan 30 persen bisa melakukan pembelian formal kepada klub. Dengan kepemilikan sebesar 29,9 persen, Kroenke lebih berpeluang untuk melakukannya dibandingkan Usmanov. (jalu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar